free page hit counter

Radikalisme yang berujung aksi terorisme telah mewabah dan menjadi musibah. Paham-paham kekerasan itu telah masuk dalam berbagai aspek kehidupan dan profesi. Berbagai aksi teror pun mereka lakukan, baik lone wolf maupun teror bom bunuh diri. Fakta ini menjadi bukti bahwa radikalisme dan terorisme telah menjadi ancaman nyata bagi kedamaian dan keutuhan NKRI. Karena itu tidak ada jalan lain, radikalisme dan terorisme harus diberantas hingga ke akar-akarnya.

Radikalisme dan Terorisme dapat menimbulkan dampak buruk bagi Indonesia, antara lain terjadinya teror dan kekerasan yang menimbulkan keresahan bahkan ketakutan dalam masyarakat, bisa juga menimbulkan konflik horizontal maupun vertikal, dapat menyebabkan hilangnya harta benda bahkan nyawa sekalipun, terhambatnya perekonomian masyarakat, dan pada akhirnya bisa menimbulkan disintegrasi bangsa.

kelompok radikal memiliki karakteristik tersendiri, seperti tidak toleran dimana tidak mau menghargai pendapat dan keyakinan orang lain, fanatik yang keliru yakni selalu merasa benar sendiri dan menganggap orang lain salah, mengekslusifkan diri yakni membedakan diri/memisahkan diri dengan umat lainnya baik intern maupun ekstern, serta bersikap revolusioner yakni cenderung menggunakan cara-cara kekerasan untuk mencapai tujuan mereka. ajaran ini sangat bertentangan dengan bangsa indonesia karena indonesia adalah negara majemuk didalamnya terdapat banyak Agama, Shku, Budaya dan adat istiadat.

belum lagi ketika kejahatan terorisme mengatas namakan agaman tertentu contoh di indonesia banyak aksi teror dengan alasan ingin menegakan agama Islam padahal Islam itu Rahmatan lil ‘alaminn, Islam ramah, Islam Subtanstif, Islam santun dan sejenisnya. tidak memerintahkan untuk saling membunuh seperti yang dilakukan oleh paham terorisme. hal tersebut sangat mencederai dan merugikan agama Islam 

olehnya, seluruh masyarakat harus memiliki kesasadaran dan partisipasi melawan paham radikalisme terorisme karena sangat membahayakan keberlangsungan bangsa indonesia . Kita harus bersepakat bahwa ekstrimisme, radikalisme dan terorisme merupakan ideologi yang bertentangan dengan pandangan masyarakat dan negara, maka perlu ada upaya yang sistematis untuk mengatasinya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *