free page hit counter

Media sosial bukan lagi sekadar alat untuk berkomunikasi, melainkan dapat mendefinisikan identitas diri dan bagaimana kita berelasi satu dengan lainnya. Terutama pada generasi lebih muda, di mana teknologi berperan sangat besar dalam kehidupan. Bahkan anak-anak muda cenderung tidak bisa membayangkan bagaimana hidup tanpa terkoneksi ke media sosial.

Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etikan dan norma yang ada. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik. 

Jurnal yang dimuat oleh National Library of Medicine juga mendokumentasikan dampak negatif dari media sosial. Dengan intensnya penggunaan media sosial, bahkan menjadi identitas seseorang, ada kecenderungan untuk sulit mengontrol penggunaannya.

Pola ini mengakibatkan banyaknya aktivitas kehidupan manusia beralih ke dunia maya terutama pada soal mencari informasi dan tempat mendapatkan referensi yang sedang di inginkan. seperti belajar agama, jika dahulu belajar agama harus ke pondok pesantren, datang ke ustad kampu

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *