free page hit counter

Mengutip dari jurnal Universitas Gajah Mada, dijelaskan bahwa nasionalisme adalah kesadaran dan kebanggaan bernegara yang menimbulkan sikap dan perasaan yang lebih mementingkan kehidupan nasional di atas kepentingan pribadi, golongan, daerah ataupun partai yang diwakili. Menurut Soekarno Nasionalisme Indonesia bukanlah jingo nasionalisme atau chauvinisme, dan bukan pula suatu tiruan atau kopi dari nasionalisme barat. Nasionalisme adalah nasionalisme yang menerima rasa hidupnya sebagai wahyu. Nasionalisme memiliki arti dan makna yang sangat luas karena beragam pengertian yang dimunculkan. Akan tetapi Nasionalime merupakan kesadaran dan cinta terhadap bangsa itu sendiri.

Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan zaman. Internet merupakan teknologi terkini yang dibutuhkan semua orang, sehingga menjadikannya sebagai alat komunikasi utama. Penyebaran kebudayaan antarkomunitas, bahkan antarbangsa, dimungkinkan terjadi berkat keterbukaan informasi dengan berbagai fasilitas komunikasi digital, ketersediaan transportasi yang semakin banyak dan murah, dan bahkan kemudahan migrasi dengan kebijakan antarnegara yang semakin terbuka. Kondisi ini kemudian melahirkan generasi milenial yang ditengarai berbagai kalangan memiliki pemikiran, sikap, dan bentuk interaksi sosial yang sama sekali berbeda dengan generasi sebelumnya. Lahirnya generasi milenial yang mengandalkan kemajuan teknologi internet memungkinkan terjadinya komunikasi melalui teknologi internet. Generasi milenial merupakan generasi yang sangat aktif di internet, memiliki tingkat narsisme, materialisme, dan kecanduan teknologi yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi lain.

Kehadiran perkembangan teknologi menjadi tantangan bagi Pemerintah, tantangan ini harus menjadi control positif oleh Pemerintah dalam melahirkan ide-ide dan gagasan dalam ruang publik melalui penggunaan media secara kreatif. Pemerintah harus menyiapkan sedemikian rupa platform yang mengedukasikan masyarakat secara umum melalui kampanye-kampanye narasi dan video yang memiliki nilai untuk menumbuhkan rasa Nasionalisme.
Selain itu, Pemerintah harus melakukan pembinaan secara khusus terhadap pemuda dalam memperkuat rasa nasionalisme karena sejatinya pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Hal ini juga sebagai cara mengantisipasi pengaruh kedinamisan informasi yang ada sehingga tidak berkurangnya rasa nasionalisme terhadap negara

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *