free page hit counter

Perkembangan teknologi dari masa ke masa terus meningkat pesat. Di era digital seperti saat ini sangat mustahil bagi manusia untuk hidup tanpa adanya teknologi. Bahkan sekarang ini, hal sederhana saja seperti komunikasi antar keluarga sudah menggunakan aplikasi melalui smartphone.
Teknologi, satu kata yang sangat berperan penuh dalam perkembangan kehidupan manusia saat ini. Diera seperti saat ini mungkin hampir sebagian penduduk diseluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri pun sudah menikmati kemajuan teknologi. Berbicara tentang teknologi tidak akan terpisahkan dengan internet dan Gadget yang merupakan hasil dari teknologi itu sendiri. Namun mungkin tanpa kita sadari, teknologi yang ada saat ini bisa berubah menjadi sebuah ancaman tersendiri,jika teknologi tersebut tidak mampu dikelola dan justru menguasai kita.
Indonesia masuk urutan ke empat dalam daftar negara dengan jumlah pengguna media sosial terbanyak. Di tahun 2021 ini, ada sebanyak 193 juta pengguna yang terdaftar. Jumlahnya akan terus meningkat dalam kurun waktu 5 tahun mendatang menjadi 236 juta pengguna.
Kondisi ini dapat berakibat negatif apabila pengguna sosmed tidak memiliki pengetahuan dan bebakl pendidikan yang baik seperti Ujaran kebencian atau komentar negatif umumnya banyak ditemukan di media sosial. Hal ini dapat dilihat dari hasil program Virtual Police yang dibentuk dengan tujuan menegur akun yang dinilai melakukan pelanggaran UU ITE yang berisi ujaran kebencian dan SARA. Sejak pembentukan Virtual Police tersebut dalam rentang 100 hari kerja (23 Februari 2021 – 31 Mei 2021), Twitter menjadi media sosial yang paling banyak mendapat teguran sebanyak 215 akun, disusul Facebook 180 akun, Instagram 14 akun, dan Youtube 19 akun (Dirgantara, 2021).

globalisasi yang disertai dengan perubahan sosial yang begitu cepat salah satunya berdampak pada pergeseran nilai sekaligus mendegradasi akhlak manusia. Tidak terhitungnya jumlahnya krisis kemanusiaan dan kemerosotan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Islam, akhlak menjadi disiplin ilmu tersendiri yang kadang diintegrasikan tasawuf dan filsafat karena terkait erat dengan konsep etika, dan lain-lain. Akhlak dan budi pekerti yang luhur sangat dibutuhkan untuk mengisi kehidupan masyarakat.di tengah arus globalisasi dan gencarnya informasi yang tiada henti setiap detiknya saat ini, kita semakin bijaksana dan arif dalam bermedsos ria. Akhlak yang mencerminkan pribadi Muslim harus terus dipedomani sehingga berbagai fasilitas dan kemudahan zaman dapat membawa maslahat untuk umat dan bangsa. olehnya pendidikan akhlaq sangat penting agar dapat menjawab tantangan perkembangan teknologi bagi para pengguna sosial media

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *