Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat selain membawa dampak positif, ternyata juga membawa dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang cukup meresahkan adalah munculnya informasi palsu atau lebih popular dikenal dengan istilah “hoax”.

Mengingat penggunaan media sosial makin meningkat, dan informasi dapat diakses dengan mudah. Banyak sekali berita palsu atau hoaks yang belum bisa diverifikasi, namun sudah beredar di tengah masyarakat.

Berita hoaks terus mengalami update dalam hitungan detik, dan dikonsumsi oleh pengguna internet. Hoaks sengaja dibuat untuk meresahkan masyarakat menggunakan data berupa foto, atau kutipan yang seolah-olah benar, dan dapat dipercaya.

Arti kata hoaks menurut KBBI adalah informasi bohong, atau informasi yang tidak memiliki sumber pasti. Menurut Wikipedia, hoaks adalah usaha mengakali pembaca, atau pendengar agar mereka percaya terhadap informasi yang disampaikan. Dengan kata lain, hoax adalah upaya untuk memutarbalikkan fakta.

Berdasarkan laman Nord VPN, terdapat tiga jenis hoax yang sering ditemukan saat ini, yaitu hoax berupa konten di media sosial, email dan juga software.

Biasanya, hoax email bertujuan untuk melakukan tindakan phising agar Anda mengklik suatu konten yang akan mengancam data pribadi Anda.

Sedangkan contoh hoax media sosial adalah konten yang memiliki isi pesan “ayo kirim konten ini ke 10 kontak Anda atau data penting Anda akan terhapus”. Karena timbul kepanikan, siapa saja bisa langsung menyebarluaskan konten tersebut secara otomatis.

Hati-hati dengan judul provokatif dan baca keseluruhan isi informasi atau berita

Hoax seringkali memakai judul sensasional dan provokatif, misalnya dengan langsung mengarah ke pihak tertentu. Judul yang provokatif sering kali sengaja dibuat untuk menarik minat dan rasa penasaran dari pembaca. Isinya pun bisa diambil dari informasi atau berita media resmi, hanya saja direkayasa agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki oleh pembuat hoax.

Hati-hati membagikan informasi atau berita yang Anda baca

Di zaman sekarang ini, diperlukan kecerdasan dan kedewasaan berpikir dalam membagikan suatu informasi atau berita. Jangan mudah terprovokasi dengan info-info yang tidak jelas asal usulnya yang disebarkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Jangan asal share, terlebih bila ditambah-tambahkan dengan hate speech atau ujaran kebencian hingga menimbulkan kembali informasi yang tidak benar. Kita harus cerdas dalam menyaring informasi mana yang berguna dan mana informasi yang tidak membawa manfaat. Saring sebelum sharing.

Oleh karenanya, apabila menjumpai informasi atau berita dengan judul provokatif, sebaiknya Anda mencari referensi serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda sehingga setidaknya Anda sebagai pembaca bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang.

Dampak yang ditimbulkan dari konten hoax sangat merugikan banyak pihak, termasuk Anda sendiri. Konten hoax bisa menghancurkan kredibilitas Anda atau bisnis yang Anda jalankan. Untuk itu, cek salalu fakta kebenaran dari konten yang Anda dapat sebelum mempercayai dan menyebarluaskannya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.