free page hit counter

Manusia sebagai makhluk sosial pastinya akan selalu berinteraksi dalam menjalankan setiap aktivitas kehidupan baik pada ruang lingkup,keluarga maupun kelompok masyarakat yang luas. Tentu saja setiap manusia menginginkan kelancaran saat menjalani setiap rutinitas yang di lakukan, dalam hal ini kedamaian tanpa terjadinya konflik antar individu ataupun kelompok masyarakat, banyak hal ini yang bisa menyebabkan terjadinya konflik dalam masyarakat misalkan saja kesalahpahaman atau pendapat yang saling bertentangan

Indonesia sendiri di kenal dengan keberagaman suku, budaya, agama, dan bahasa daerah yang berbeda tentunya ini akan sangat berpotensi terjadinya konflik, bahkan tidak sedikit kita mendengar terjadinya konflik antar suku dalam kelompok bermasyarakat.

Secara sederhana Toleransi merupakan kehidupan yang ada di dunia ini memiliki keberagaman yang begitu besar. Bahkan dalam satu keluarga saja sudah bisa ditemukan keberagaman tersebut. Keberagaman bisa terjadi karena adanya perbedaan antara satu orang dengan orang lain.

Oleh karena itu, Purwadarminta memberikan penjelasan Toleransi merupakan sebuah sikap yang dimiliki oleh seseorang untuk menerima perbedaan orang lain dalam dirinya.
Menurut Purwadarminta cakupan perbedaan juga begitu luas, mulai dari perbedaan pendapat, perbedaan pandangan hingga perbedaan keyakinan.

Sehingga, pentingnya bagi kita untuk menumbuhkan sikap toleransi, terutama individu maupun dalam bermasyarakat. Merupakan langkah untuk menjaga sebuah perdamaian, karena sikap toleransi salah satu kunci utama dalam memelihara perdamaian dan untuk menjauhi konflik dalam kehidupan bermasyarakat.

Perdamaian menjadi suatu tanggung jawab bersama yang harus kita jaga. Seperti memulai dari menanamkan sikap toleransi dalam beragama, saling menghargai perbedaan dalam pandangan dan tidak mengklaim kebenaran itu sendiri.

Selain itu, sikap saling membantu kepada sesama manusia, bergotong royong dan juga saling menghargai satu sama lain, adalah upaya yang diharapkan menjaga perdamaian bersama.

Oleh sebab itu, sikap toleransi merupakan kunci utama untuk mewujudkan perdamaian sehingga sikap toleransi perlu dijaga dan dirawat oleh masyarakat Indonesia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *